Minggu, 26 Januari 2014

Sejarah berdirinya Palang Merah

Yak kali ini saya akan membahas sejarah berdirinya Palang Merah ,siapa yang tidak kenal Organisasi yang bertindak dalam bidang kemanusiaan ini ,organisasi ini didirikan oleh Jean Henry Dunant dan anggota komite Lima lainnya.
oke itu tadi sekilas tentang Palang Merah
mari kita mulai ceritanya


Pada tahun 1859 Jeant Henry Dunant menyaksikan langsung sebuah perang yang terjadi di Solferino (Italia Utara) ,beliau menyaksikan banyak korban perang yang terlantar dan ini membuat hati beliau tergerak untuk membantu mereka dan mengajak masyarakat dunia untuk membantu para korban perang. beliau kemudian menulis buku berjudul "Un Souvenir de Solferino" yang artinya kenangan dari Solferino  buku itu berisi tentang: -kondisi yang ditimbulkan oleh peperangan
                                                             - Gagasan dibentuknya suatu Organisasi yang bekerja dalam
                                                              bidang kemanusiaan

Buku itu terbit pada tahun 1862 dan telah menarik perhatian tokoh tokoh lainnya yaitu
-Dr.Louis Appia
-General Dufour
-Gustav Moynier
-Theodore Moynier
Bersama dengan Jeant Henry Dunant mereka kemudian membentuk Komite Lima yang sekarang menjadi ICRC(Internasional Commite of the Red Cross)
mereka kemudian mengadakan sebuah konferensi yang dihadiri oleh 12 kepala Negara pada tanggal 22 Agustus 1864 yang sering disebut dengan konferensi Jenewa 1
 adapun isi konferensi Jenewa 1 adalah sebagai berikut:

1.Tentara yang sakit atau terluka harus diobati
2.sebagai penghormatan kepada Negara Swiss maka gerakan ini menggunakan lambang Palang Merah diatas dasar Putih sebagai lambang Perlindungan. Lambang ini biasanya digunakan Di Rumah sakit ,Ambulance,petugas penolong ketika Perang.

Karena Lambang Palang Merah dianggap mempunyai arti khusus maka pada tahun 1876 dibuatlah lambang Bulan Sabit Merah yang digunakan oleh Negara-Negara Islam.
dan pada tahun 2004 dibuatlah lambang kristal  merah yang dipakai oleh negara Irak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar