Senin, 30 Desember 2013

Masa Kerajaan Islam (Dinasti Ayyubiyah bagian 1)

sesudah membahas tentang Dinasti Abbasiyah kali ini saya akan membahas tentang Dinasti Ayyubiyah



yuk kita mulai

Dinasti Ayyubiyah didirikan oleh Salahudin Yusuf Al-ayyubi beliau merupakan putra dari Najmudin Ayyub.beliau lahir di benteng di tepi sungai Tikrit pada tahun 1138 Masehi,pada waktu kecil Salahudin hidup dalam kebahagiaan karena ayahnya merupakan seorang Gubernur di Benteng tersebut.Tapi pada suatu hari ayah Salahudin mendapatkan perintah untuk turun dari Jabatannya beliau pun akhirnya memutuskan untuk mengunjungi sahabatnya yaitu Imadudin Zanki gubernur Mausul ,irak.Ketika Imadudin Zanki berhasil menaklukan wilayah Ba'labak  ,Najmudin diangkat sebagai Gubernur di sana. di Ba'labak ,Salahudin mempelajari teknik,strategi Perang  dan politik

Pada tahun 1164M  Salahudin Yusuf Al-Ayyubi  mengikuti ekspedisi pamanya  ,Asadudin Syirkuh ke Mesir karena mendapat tugas dari Nurudin Zanki untuk membantu Bani fatimiyah di Mesir.
Perdana menteri Mesir,Syawar yang dikudeta oleh Dirgam meminta  bantuan Salahudin Yusuf Al-Ayyubi untuk mengalahkan Dirgam .Dirgam pun akhirnya berhasil dikalahkan pasukan Salahudin Yusuf Al-Ayyubi.dan Syawar kembali menduduki jabatannya sebagai Perdana Menteri.

Tiga tahun kemudian Salahudin menyertai pamannya ke Mesir .Kali ini untuk memberantas Syawar yang bersekutu dengan Amauri panglima tentara Salib yang dulu membantu Dirgam.Salahudin akhirnya berhasil mengalahkan Syawar dan Amauri ,dan berhasil menduduki iskandariyah  tapi beliau dikepung tentara salib.beliau pun mengadakan perjanjian yang isinya:
1.Pertukaran tawanan perang
2.Salahudin kembali ke Suriah
3.Amauri kembali Ke Yerussalem
4.Iskandariyah diserahkan kembali ke Syawar
Pada Tahun 1169 Salahudin kembali berhadapan dengan Amauri yang bermaksud menguasai Dinasti Fatimiyah . Amauri berhasil dikalahkan oleh pasukan Salahudin.
Setelah berhasil mengusir tentara salib ,Kholifah Al-Adid mengangkat Asadudin Syirkuh sebagai perdana menteri.namun digantikan Salahudin karena Asadudin wafat dua bulan kemudian.
Salahudin mendapat gelar Al- Malik An-Nasir .Setelah Khalifah Al-adid wafat berakhirlah Dinasti Fatimiyyah  dan Salahudin pun berkuasa atas mesir dan dapat mendirikan Dinasti Ayyubiyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar