Senin, 17 Agustus 2015

Sejarah peristiwa proklamasi kemerdekaan

Blitarkusayang2- Hai semua jumpa lagi dengan Ahmad Maco !!!!! Yeay dan Selamat HUT Republik Indonesia yang ke 70 , Nah khusus utk hari kemerdekaan kali ini Mimin sengaja update blog tepat ketika hari senin tepatnya 17 agustus 2015 .pasti temen-temen udah tahu dong apa yang mau mimin bahas?? langsung saja check this out!!!!

PERISTIWA RENGASDENGKLOK

Terjadinya peristiwa Rengasdengklok dikarenakan perbedaan pendapat antara golongan muda dengan golongan tua berkaitan dengan pemroklamasian kemerdekaan Indonesia .Kejadian tersebut berlangsung tepatnya pada tanggal 16 Agustus 1945. Golongan muda membawa Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta ke rengasdengklok dengan tujuan untuk mengamankan keduanya dari intervensi pihak luar. Daaerah Rengasdengklok dipilih karena menurut perhitungan militer, tempat tersebut jauh dari jalan raya Jakarta-Cirebon. Di samping itu, mereka dengan mudah dapat mengawasi tentara Jepang yang hendak datang ke Rengasdengklok dari arah Bandung maupun Jakarta.

KRONOLOGIS PERISTIWA RENGASDENGKLOK

Soekarno-Hatta berada di Rengasdengklok selama satu hari penuh. Usaha dan rencana para pemuda untuk menekan kedua pemimpin bangsa Indonesia itu agar cepat-cepat memproklamasikan kemerdekaan Indonesia tanpa campur tangan tentara Jepang tidak dapat dilaksanakan. Dalam peristiwa Rengasdengklok tersebut tampaknya kedua pemimpin itu mempunyai wibawa yang besar sehingga para pemuda merasa segan untuk mendekatinya, apalagi melakukan penekanan. Namun, melalui pembicaraan antara Shodanco Singgih dengan Soekarno, menyatakan bahwa Soekarno bersedia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia setelah kembali ke Jakarta.
Peristiwa Rengasdengklok
Berdasarkan pernyataan Soekarno itu, pada tengah hari Shodanco Singgih kembali ke Jakarta untuk menyampaikan berita proklamasi kemerdekaan yang akan disampaikan oleh Soekarno kepada kawan-kawannya dan para pemimpin pemuda. Sementara itu, di Jakarta sedang terjadi perundingan antara Achmad Subardjo (mewakili golongan tua) dengan Wikana (mewakili golongan muda). Dari perundingan itu tercapai kata sepakat, bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia harus dilaksanakan di Jakarta. Di samping itu, Laksamana Tadashi Maeda mengizinkan rumah kediamannya dijadikan sebagai tempat perundingan dan bahkan ia bersedia menjamin keselamatan para pemimpin bangsa Indonesia itu.

AKHIR PERISTIWA RENGASDENGKLOK

Berdasarkan kesepakatan antara golongan pemuda dengan Laksamana Tadashi Maeda itu, Jusuf Kunto bersedia mengantarkan Achmad Subardjo dan sekretaris pribadinya pergi menjemput Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok. Sebelum berangkat ke Rengasdengidok, Achmad Subardjo memberikan jaminan dengan taruhan nyawanya bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945, selambat-lambatnya pukul 12.00 WIB. Dengan jaminan itu, komandan kompi Peta Cudanco Subeno bersedia melepas Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta beserta rombongan untuk kembali ke Jakarta. Rombongan tersebut tiba di Jakarta pada pukul 17.30 WIB. 

PERISTIWA PERUMUSAN TEKS PROKLAMASI

Setelah penculikan Ir.Soekarno dan Muh .Hatta ke Rengasdengklok para pendiri bangsa kita memutuskan untuk menyusun teks proklamasi kemerdekaan bersama-sama di rumah Laksamana Tadashi Maeda dengan alasan :

-Laksamana Maeda mendukung perjuangan Bangsa Indonesia
-Faktor Keamanan : Hak prerogatif  kekuasaan wilayah militer angkatan laut yang tidak dapat diganggu gugat oleh angkatan Darat.

Adapun tokoh yang terlibat dalam perumusan naskah proklamasi adalah berikut
1.Ir Soekarno
2.Muh. Hatta
3.Ahmad Subarjo
4. Sayuti Melik sebagai juru ketik 
5. Sukarni Kartowijoyo yang mengusulkan agar Ir. Soekarno dan Muhammad Hatta yang menandatangani teks proklamasi
Para tokoh itu bermusyawarah mengenai naskah proklamasi yang akan dibacakan besoknya  dan ada dinamika yang terjadi berkaitan dengan naskah proklamasi yaitu:

-Ahmad Subardjo mengusulkan kalimat yang ada di alinea pertama proklamasi yang intinya kemerdekaan Indonesia adalah kemauan  Bangsa  Indonesia  untuk  merdeka dan  menentukan nasib  sendiri
-Drs. Muhammad Hatta mengusulkan kalimat untuk alinea kedua yang berkisar pada masalah pengalihan/pemindahan kekuasaan

Oleh Sukarno, kedua usul itu kemudian dirangkai dalam sebuah tulisan tangan yang kemudian diketik oleh Sayuti Melik dan Bendera merah putih dijahit oleh Fatmawati.

PEMBACAAN TEKS PROKLAMASI

Proklamasi dilakukan di Rumah Soekarno yang beralamat di jalan pengangsaan timur, Jakarta pada pukul 10.00 WIB. 

Sukarni melaporkan bahwa Lapangan Ikada (sekarang Monas) sebagai tempat yang telah disiapkan 
untuk pembacaan teks proklamasi. Namun setelah mendengar kabar bahwa lapangan Ikada telah dijaga oleh tentara Jepang, Ir. Soekarno mengusulkan agar upacara proklamasi dilakukan di rumahnya di jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi bentrokan dengan pihak militer Jepang. Usul ini disetujui dan akhirnya berlangsunglah upacara pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. 


Adapun acara sebenarnya yang direncanakan adalah sebagai berikut. 

.1Pembacaan Proklamasi. Disampaikan oleh Soekarno didahului pidato singkat seperti di atas. 

2.Kemudian dilanjutkan dengan pidato singkat penutup berbunyi sebagai berikut. Demikianlah, saudara-saudara! Kita sekarang telah merdeka! Tidak ada satu ikatan lagi yang mengikat tanah air kita dan bangsa kita! Mulai saat ini kita menyusun Negara kita! Negara Merdeka, Negara Republik Indonesia, merdeka kekal dan abadi. Insya Allah, Tuhan memberkati kemerdekaan kita. 

3.Pengibaran bendera Merah Putih. Pengibaran dilaksanakan oleh Suhud dan Latief Hendradiningrat. Namun secara spontan peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya, sehingga sampai sekarang pengibaran bendera Merah Putih dalam setiap upacara bendera selalu diiringi dengan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Bendera Merah Putih ini sebelumnya sudah dipersiapkan dan dijahit oleh Ibu Fatmawati. 

4.Sambutan Wali Kota Suwirjo dan dr. Muwardi  
Nah mungkin itu saja yang bisa mimin sampaikan mengenai sejarah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia  eh .............................Mimin hampir aja lupa DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA yang ke 70 semoga di tahun ini negara kita bisa menjadi lebih baik dan Pemimpin kita bisa segera membantu  mewujudkan impian kita semua untuk menjadi negara yang maju dan makmur 

SAMPAI JUMPA LAGI (^0^)
-AHMAD MACO 
17 AGUSTUS 2015 PUKUL 11.24 PM
nb:Buat yang penasaran dengan suara asli pak soekarno waktu membacakan proklamasi nih mimin ada videonya 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar