Sabtu, 23 November 2013

Biografi Nabi Muhammad "Sang Penyelamat" (bagian ke 2)

 Da'wah secara sembunyi -sembunyi

Rasululloh  SAW di kala mengasingkan diri di Gua Hira dengan perasaan cemas dan khawatir tiba-tiba terdengan suara dari langit, beliau menengadah tampak malaikat jibril. Beliau menggigil, ketakutan dan pulang minta kepada isterinya untuk menyelimutinya. Dalam keadaan berselimut itu datang Jibril menyampaikan wahyu yang ke dua yaitu surat Al Muddatsir (QS 74 ayat 1-7).
Dengan turunnya wahyu ini Rasulullah SAW mendapat tugas untuk menyiarkan agama Islam dan mengajak umat manusia menyembah Allah SWT.

 Setelah Rasulullah SAW menerima wahyu kedua mulailah beliau dakwah secara sembunyi-sembunyi dengan mengajak keluarganya dan sahabat-sahabat beliau seorang demi seorang masuk Islam.
Orang-orang yang pertama-tama masuk Islam adalah:
a). Siti Khadijah (Istri Nabi SAW)
b). Ali Bin Abi Thalib (Paman Nabi SAW)
c). Zaid Bin Haritsah (Anak angkat Nabi SAW)
d). Abu Bakar Ash-Shidiq (Sahabat Dekat Nabi SAW)
Orang-orang yang masuk Islam dengan perantaraan Abu Bakar Ash-Shidiq yaitu:
a). Utsman Bin Affan
b). Zubair Bin Awwam
c). Saad Bin Abi Waqqash
d). Abdurahman Bin Auf
e). Thalhah Bin "Ubaidillah
f). Abu Ubaidillah Bin Jarrah
g). Arqam Bin Abil Arqam
h). Fatimah Binti Khathab
Mereka itu diberi gelar "As-Saabiqunal Awwaluun" Artinya orang-orang yang terdahulu dan yang pertama-tama masuk Islam dan mendapat pelajaran tentang Islam langsung dari Rasulullah SAW di rumah Arqam Bin Abil Arqam.

Da'wah secara terang-terangan

 Tiga tahun lamanya Rasulullah SAW dakwah secara sembunyi sembunyi dari satu rumah ke rumah lainnya. Kemudian turun surat Al Hijr: 94 (QS 15 ayat 94). Artinya"Maka sampaikanlah secara terang-terangan segala apa yang telah diperintahkan kepadamu dan berpalinglah dari orang-orang musyrik (QS Al Hijr : 15). Dengan turunnya ayat ini Rasulullah SAW menyiarkan dakwah secara terang-terangan dan meninggalkan cara sembunyi-sembunyi. Agama Islam menjadi perhatian dan pembicaraan yang ramai dikalangan masyarakat Makkah. Islam semakin meluas dan pengikutnya semakin bertambah.

Hijrah 

setelah mengalami pemboikotan oleh Orang-orang Kafir dan juga Meninggalnya dua orang yang berharga bagi Nabi Muhammad ,dan dikeluarkannya Perintah untuk Hijrah maka beliau pun memutuskan untuk berhijrah ke Yastrib(Madinah Al munawarrah) .tetapi beliau tidak terang-terangan pergi meninggalkan Makkah begitu saja ,beliau tahu jika hal itu dilakukan orang-orang Quraysi pasti akan mengejar dan menangkap beliau. Jadi beliau membuat rencana ,Beliau memerintah Ali bin Abi Thalib untuk tidur diatas ranjang beliau dengan mengenakan Selimut dari mantel beliau yang berwarna Hijau.Kemudian Beliau keluar Rumah menyibak kepungan orang-orang Quraysi sambil menaburkan Pasir diatas kepala mereka .Dan Allah telah menjadikan Orang-orang Quraysi tidak bisa melihat beliau. seperti yang ada dalam surat Yasin ayat :9  .
Orang-orang Quraysi pun paginya memutuskan untuk mengepung dan menangkap Nabi Muhammad yang menurut mereka masih ada di Rumah .betapa terkejutnya mereka ketika mereka menyadari bahwa yang tidur diatas Ranjang beliau adalah Ali bin Abi Thalib.mereka pun menanyai Ali dimana kah Nabi Muhammad tapi Ali menjawab bahwa ia tidak tahu. Nabi Muhammad dan Abu Bakar telah sampai di Gua  Tsaur,mereka memutuskan untuk menetap sementara di sana sebelum melanjutkan  Perjalanan ke Yastrib .di Gua Tsaur Allah kembali menunjukkan tanda-tanda kekuasaan-Nya ,Allah memerintahkan agar Laba-laba membuat sarang di Mulut Gua ,Orang-orang quraysi yang melihat sarang laba-laba menduga mustahil Nabi Muhammad masuk ke Gua yang ada sarang laba-labanya tanpa merusak sarangnya. merekapun mencari ke tempat lain dan tidak menemukan beliau dimanapun.Ketika orang-orang Quraysi mulai putus asa inilah Nabi Muhammad dan Abu Bakar memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju Yastrib . sesampainya di Yastrib beliau disambut dengan penuh suka cita oleh penduduk Yastrib ,mereka berebut untuk menuntun Unta Nabi Muhammad menuju rumah mereka .sampai Beliau bersabda"Berilah Jalan pada Onta ini karena ia adalah Onta yang sudah diperintah"  Onta itu akhirnya berhenti di sebuah tempat yang sekarang menjadi Masjid Nabawy.beliau kemudian memutuskan untuk singgah sementara di Rumah Abu Ayyub Al-Anshari sesudah menanyakan dimana rumah kerabat beliau yang paling dekat.
dan disinilah Fase baru bagi kehidupan Nabi Muhammad dimulai .....
(BERSAMBUNG......)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar