Sabtu, 23 November 2013

Biografi Nabi Muhammad SAW "Sang Penyelamat"(bagian 1)


Kali ini saya akan membahas tentang  Nabi Muhammad SAW ,Orang Nomor satu yang paling berpengaruh di seluruh dunia

KELAHIRAN

Beliau lahir Di Mekkah  pada bulan robiul awwal tahun 571 Masehi,Beliau merupakan Putra dari Abdullah bin Abdul Mutholib dan Aminah binti Wahab .beliau(Nabi SAW) berasal dari Bani Hasyim  salah satu kabilah Quraysi suku yang diberi kepercayaan untuk merawat ka'bah.beliau menjadi yatim sejak dalam kandungan karena ayah beliau ,Abdullah meninggal .beliau kemudian dititipkan pada Halimatus sa'diyah dari bani sa'ad .

MASA KECIL

Masa kecil beliau di keluarga bani Sa'ad penuh dengan kebahagiaan .Pada saat beliau berada di Lingkungan Bani saad juga terjadi peristiwa yang sangat menghebohkan yaitu dibelah dadanya beliau oleh Malaikat Jibril .
berikut kisahnya :Suatu Hari Muhammad Kecil sedang bermain bersama dengan anak-anak lainnya tiba-tiba  ada seorang laki-laki berbaju putih mengajak beliau untuk pergi ke suatu tempat yang jauh dari teman-temanya lelaki itu tidak lain adalah Malaikat Jibril yang sedang menyamr sebagai manusia.Jibril kemudian menelentangkan Muhammad kecil dan membelah dadanya lalu mengeluarkan segumpal darah dari dada beliau seraya berkata "ini adalah bagian syetan yang ada pada dirimu" .Lalu Jibril mencucinya dengan air zam zam kemudian menatanya dan meletakkannya ketempat semula.Anak -anak kecil yang melihat hal itu ketakutan dan berlari sambil berkata "Muhammad telah dibunuh!!" tentu saja Halimah yang mendengar hal ini panik dan bersama beberapa orang mendatangi beliau yang wajahnya semakin berseri. mengetahui Hal ini Halimah semakin cemas dan khawatir akan keselamatan beliau  dan memutuskan untuk mengembalikan beliau pada ibunda beliau yaitu Aminah.

kebersamaan beliau dengan Ibunda beliau tidak berlangsung lama karena pada saat beliau berusia 6 tahun ibunda beliau meninggal.Beliau kemudian diasuh oleh kakek beliau Abdul Mutholib.Abdul Mutholib sangat menyayangi cucunya (Nabi SAW)  dan berharap agar Allah memberikan kedudukan yang agung bagi Nabi Muhammad ,cucu Abdul Mutholib.
pada saat Nabi Muhammad berusia delapan tahun  Abdul Mutholib meninggal dunia .sebelum meninggal Abdul Mutholib berpesan pada Abu Tholib saudara kandung Abdullah (ayah Nabi Muhammad) agar merawat Nabi Muhammad.

pada Saat beliau berusia 12 tahun  Abu Tholib mengajak beliau pergi ke syam untuk berdagang .sesampainya di Bushra (suatu daerah di syam) .Seorang Rahib mendatangi beliau dan memberitahu  Abu Thalib bahwa Muhammad kecil adalah utusan Allah  dan menyarankan agar Abu Thalib kembali ke Mekkah agar Muhammad kecil tidak mendapat gangguan dari orang orag Yahudi.

Menikah dengan Khodijah

Pada usia 25 Tahun Nabi  Muhammad mendapat tawaran untuk menikahi siti Khodijah .awalnya beliau ragu tapi setelah diyakinkan oleh rekan Khodijah yaitu Nafisah akhirnya beliau pun setuju.
pada waktu itu mas kawin beliau adalah 20 ekor unta .pada saat itu Khodijah berusia 40 tahun  sementara Nabi Muhammad berusia 25 tahun.dari pernikahan beliau dengan Khodijah lahirlah putra putri beliau yaitu;Al-Qasim,Zainab,ruqayyah,Ummu kultsum,Fathimah,Abdullah .Putra putra beliau meninggal sewaktu kecil sementara Putri putri beliau ada yang masih hidup sampai memeluk islam dan ikut Hijrah tetapi meninggal dunia selagi beliau masih hidup kecuali Fatimah.


Diangkat sebagai Rasul

Kebiasaan orang kafir Quraysi yang senang menyembah berhala seringkali membuat beliau merasa tidak nyaman bahkan sangat membencinya.beliau pun memutuskan untuk mengasingkan diri di Gua Hira .setiap Bulan Ramadhan dengan membawa bekal dari Rumah beliau.setelah  genap berusia empat puluh tahun  turunlah wahyu pertama kali bagi beliau di Gua Hira ,Jibril kemudian berkata pada beliau "Bacalah !" beliau menjawab "aku tidak bisa membaca " Jibril kembali mengulang perkataanya sebanyak 3 kali lalu meneruskan perkataanya yaitu Qur'an surat Al-alaq ayat 1-5
setelah mendapat wahyu beliau pun pulang ke Rumah dengan keadaan gelisah dan ketakutan. beliau berkata pada Khodijah"selimuti Aku,Selimuti Aku" Khodijah  pun berusaha menenangkan beliau ,kemudian Khodijah mengajak beliau menemui Waraqah bin Naufal ,ia adalah seorang Nasrani semasa Jahiliyah  .di Rumah Waraqah beliau(Nabi Muhammad) menceritakan apa yang baru dialaminya. Waraqah memberitahu beliau bahwa yang menemui beliau adalah Jibril ,dan beliau adalah utusan Allah. perasaan beliau kembali gelisah dan merasa sedikit bimbang dengan amanah ini 
(BERSAMBUNG...............)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar