Sabtu, 05 Oktober 2013

masa kerajaan islam(dinasti umayyah bagian 2)

 Masa pemerintahan yazid bin muawiyah bin abi sufyan

Lahir

Yazid bin muawiyah adalah kholifah kedua dinasti umayyah. ia dilahirkan pada tanggal 23 Juli 645 Masehi,

Diangkat sebagai kholifah

Khalifah Muawiyah wafat pada tanggal 6 Mei 680. Jauh-jauh hari, sebelum wafatnya beliau menunjuk Yazid untuk menjadi Khalifah selanjutnya. Peristiwa ini ditentang sebagian sahabat, sehingga menimbulkan ketidak puasan.

Di Mekah, Husain bin Ali mendapat banyak surat dari penduduk Kufa yang menyatakan kesetiaannya pada beliau dan meminta beliau ke Kufah untuk dibaiat menjadi Khalifah. Oleh karena itu Husain bin Ali mengirim keponakannya, Muslim bin Uqail bin Abi Thalib ke kufah dan mendapatkan baiat 30 ribu penduduk Kufah. Muslim bin Uqail pun menyampaikan berita ini ke Husain dan mengundangnya datang ke Kufah.
 

Meninggal

pada tahun 683, Yazid mengirimkan pasukan ke Hejaz dibawah pimpinan Muslim bin Uqbah al Muri dengan jumlah 30 ribu pasukan kavaleri. Ketika tiba di Hurat, ia dihadang oleh pasukan Abdullah bin Hanzalahh, gubernur Madinah yang ditunjuk Abdullah bin Zubair. Pecahlah pertempuran dan pasukan Madinah kalah. Tercatat lebih dari 10 ribu orang gugur. Sebagian dari kaum Anshar dan Muhajirin. Sesuai perintah Yazid, Muslim bin Uqbah memperbolehkan tentaranya untuk melakukan apa saja di Madinah selama tiga hari. Setelah berhasil menaklukan warga Madinah, ia kemudian melanjutkannua ke Mekah, tapi ia keburu meninggal dalam perjalanan, sehingga jabatan pangglima diambil alih Husain bin Numair sesuai wasiat Yazid bin Muawiyah. Sesampainya di Mekah, Husain bin Numair langsung memblokade Mekah dengan ketat selama dua bulan. Blokade ini membuat Ibnu Zubair keteteran. Tetapi ketika blokade ini berlangsung, Yazid mendadak wafat sehingga pengepungan dihentikan dan diadakan gencatan senjata. Selama pengepungan bangunan Kabah rusak berat. Ia segera digantikan anaknya Muawiyah bin Yazid.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar